Perkembangan teknologi komputer dalam bidang kesehatan

Perkembangan teknologi computer (informasi) yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan (dan medis) merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi komputer relatif tertinggal. Sebagai contoh, ketika transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, sebagian besar rumah sakit di Indonesia baru dalam tahap perencanaan pengembangan billing system. Meskipun rumah sakit dikenal sebagai organisasi yang padat modal-padat karya, tetapi investasi teknologi informasi masih merupakan bagian kecil. Di AS, negara yang relatif maju baik dari sisi anggaran kesehatan maupun teknologi informasi komputer, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasinya 2% untuk teknologi informasi.

Di sisi yang lain, masyarakat menyadari bahwa teknologi komputer merupakan salah satu tool penting dalam peradaban manusia untuk mengatasi (sebagian) masalah derasnya arus informasi. Teknologi informasi dan komunikasi komputer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih 750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai tool untuk mengudapte perkembangan terbaru.
Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, TI mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Konvergensi dengan teknologi komunikasi juga memungkinkan data kesehatan di-share secara mudah dan cepat.
Disamping itu, teknologi memiliki karakteristik perkembangan yang sangat cepat. Setiap dua tahun, akan muncul produk baru dengan kemampuan pengolahan yang dua kali lebih cepat dan kapasitas penyimpanan dua kali lebih besar serta berbagai aplikasi inovatif terbaru. Dengan berbagai potensinya ini, adalah naif apabila manajemen informasi kesehatan di rumah sakit tidak memberikan perhatian istimewa
o faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta refleksi bagi komunitas rekam medis.
Komputer banyak berperan membantu di dunia kesehatan antara lain :
– adminstrasi
– obat-obatan
– penyakit → diagnostik, terapi, perawatan (monitoring status pasien)
– Penelitian
Ada juga Peranan TIK dalam bidang kesehatan seperti adanya sebuah sistem berbasis kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien. Selain itu, peranan TIK dalam bidang kesehatan dengan digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan dan penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Comment :

Kita bayangkan jika kegiatan di Rumah sakit dilakukan secara manual, dari sistem pendekteksian keluhan penyakit pasien, sampai saat proses penyembuhan seperti operasi jika pasien di fonis penyakit kanker. Bagimana mungkin dengan tangan manusia secara langsung semua bisa sukses dengan baik, pasti kita membutuhkan alat atau fasilitas guna mempermudah proses pekerjaan seorang dokter, seperti pada saat pasien melakukan scan di tempat yang sakit pasti menggunakan kamputer sebagi sarana, dari sistem yang sudah dirancang dengan sangat canggih tersebut makan dapat terlihat hasil keluhan si pasien, entah jenis penyakitnya kanker/ tumor, pasti dari jenis penyakit tersebut seorang dokter tahu bagimana cara membantu pasiennya dalam meberikan obat yang tepat.

Pada proses Operasi biasanya detak jantung pasien terlihat di layar monitor, dari situ seoarang perawat dapat tahu apakah pasien tersebut detak jantungnya normal atau tidak, dan pada saat seorang pasien mengalami perubahan detak jantung pada layar dapat terlihat dengan jelas turun atau naik , mebahayakan atau tidak bagi kesehatan pasien tersebut.

Beberapa Rumah sakit juga mempunyai fasilitas alat-alat labolatorium yang di dalamnya pasti menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Dari fungsi dan maanfaat dapat kita lihat bahwa kecanggihan teknologi dapat bermanfaat bagi orang banyak, membantu yang sulit menjadi lebih mudah, membuat proses yang panjang menjadi efisien dan sebagainya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s