Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

Teknik informatika,teknologi informasi, system Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada Ilmu Komputer. Mungkin akan timbul pertanyaan apa perbedaan dari masing bidang, agar apabila nanti kita ingin memilih dari kelima bidang tersebut mana dari mereka yang kira-kira cocok atau sesuai dengan keinginan kita. Untuk lebih jelasnya langsung saja…..

Teknik Informatika

pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer.

Teknologi Informasi

adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Sistem Informasi

Lebih mengarah ke perangkat lunak atau dalam hal ini pada aplikasi untuk mendukung operasi dari suatu organisasi, seperti: instalasi perawatan computer, operasi, perangkat lunak dan mengenai data.

Sistem Komputer

Mempelajari mengenai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sehingga semua mengenai komputer kita bisa dapatkan di bidang ini.karena saya sendiri pun berada di bidang ini. (promosi hehehe…). Karena computer di dalam keseharian kita dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Software Engineering

Mungkin dalam bidang ini kita lebih mengenal rekayasa perangkat lunak, yakni mengenai pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Sebenarnya dari semua bidang yang di jelaskan di atas memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing sehingga kita dapat memilih sesuai dengan keinginan kita.

Sumber: http://www.mikroskil.ac.id/ti/ dan wikipedia

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s