Sejarah NS2

A. SEJARAH NS2
Sebelum kita beranjak lebih jauh tentang NS2 alahkah baiknya juga kita mengetahui sejarah perkembangan dan keunggulan fitur fitur pada NS2.
Perkembangan dimulai pada bidang Simulasi Jaringan dibuat oleh Lawrence Berkley di Laboratorium Nasional dengan mengembangkan simulator jaringan bernama Network Simulator 1 (NS1) dalam tahun 1995. Maka pembangunan bergerak lebih jauh dengan meluncurkan Network Simulator 2 (NS2) yang memiliki versi lebih maju, fitur canggih dan dukungan dari simulasi real time. Meneliti merancang protokol, komunikasi mereka antara masing-masing isu-isu terkait lainnya dan kinerja yang diurus oleh NS2 selain dari mengembangkan jaringan real time. Peran penting dimainkan oleh NS2 di dunia ini. Simulasi Jaringan 2 perangkat lunak ini juga digunakan untuk tujuan pendidikan. Di bidang pendidikan NS2 telah memberikan para siswa untuk melakukan penelitian real time dari jaringan yang berbeda dan lisensi yang diberikan adalah bebas biaya.
Sebagai NS2 adalah open source Simulator Jaringan lebih versi baru dari NS2 sedang diteliti dan akan segera tersedia di pasar (Floyd S, Roy S, Henderson T dan Riley G, 2006). Simulator jaringan lainnya seperti NetSim, OPNET, QualNet, AnyLogic yang tersedia di pasar, tetapi sesuai dengan survei yang dibuat dari tahun 2000-2005, NS2 adalah simulator yang paling menuntut dan populer di pasar . Itu digunakan untuk mensimulasikan sekitar 44% dari semua simulasi (Kurkowski S, T Camp, Colagrosso M, 2005). Situs resmi dari mana simulator ini dapat di-download adalah http://www.isi.edu, Dan. Semua dokumentasi dan tutorial terkait dengan penggunaan NS2 dapat diperoleh dari situs http://www.isi.edu/ns / tutorial. NS2 dapat diinstal pada OS yang berbeda seperti Windows, UNIX, Linux, Solaris dll sistem operasi yang direkomendasikan untuk menjalankan NS2 adalah UNIX dan Linux.
1. Kemudahan penggunaan:
Jika sistem yang user friendly maka itu menjadi lebih menuntut dan populer di pasar. Tetapi jika NS sedang digunakan di Linux kemudian menjadi beberapa apa sulit bagi pengguna sebagai Linux adalah benar-benar sistem operasi berbasis perintah. Ketika NS sedang digunakan pada Windows menjadi mudah bagi pengguna karena merupakan OS yang ramah Karena kami hanya berbicara tentang NS maka sangat mudah untuk menggunakan perangkat lunak dan alat yang disediakan oleh itu sangat mudah digunakan juga oleh bahkan pemula. Faktor-faktor yang membuat NS2 user friendly dan perangkat lunak yang paling menuntut adalah
2. Dukungan Bahasa:
Bahasa komputer seperti C + + dan OTcl yang mudah dipahami oleh pengguna didukung oleh NS2. Simulasi Jaringan dibuat dengan menggunakan bahasa OTcl. Tanggapan bahasa OTcl cepat dan kompilasi ulang dari kode yang dibutuhkan oleh bahasa ini. Kode membutuhkan waktu lebih untuk menjalankan Simulasi tersebut. Di sisi lain C + + digunakan sebagai bahasa tingkat sistem program. Ini memanipulasi byte dan header untuk menjalankan algoritma yang berbeda dalam set data yang besar. Waktu kompilasi yang diambil oleh C + + adalah lebih dari waktu yang diambil oleh Simulasi itu sendiri. Benda-benda yang tidak hadir di perpustakaan dapat dibuat dengan menggunakan C + +. Dibandingkan dengan OTcl, C + + adalah lambat dalam melaksanakan perubahan dan struktur sintaks yang kompleks.
3. Dukungan protokol:
NS2 mendukung beberapa protokol yang merupakan faktor positif dalam permintaan dan popularitas simulator. Dengan ini fitur NS2 merupakan simulator yang sesuai untuk banyak jaringan. NS2 mendukung protokol TCP / IP pada lapisan OSI yang berbeda. Beberapa protokol TCP, UDP, CBR, FTP dll sebagai layer aplikasi protokol Model OSI.
· TCP:
Transmission Control Protocol (TCP) bekerja di arah membuat koneksi antara node sebelum komunikasi apapun yang harus dilakukan. OSI lapisan transport mendukung protokol ini. Ketika koneksi didirikan itu harus bebas dari kesalahan, pengakuan paket yang diterima oleh pengguna di sisi lain dan pengiriman ulang paket jika hilang selama transmisi. Paket-paket yang ditransfer dari sumber ke penerima diakui oleh penerima yang menerima paket dengan keluar kesalahan. Dalam hal apapun kesalahan dilaporkan oleh penerima maka paket tersebut akan dikirimkan kembali. Setiap paket yang dikirim dari sumber dikirim setelah menerima pengakuan dari penerima. Bila dibandingkan dengan koneksi UDP TCP lambat karena UDP tidak menunggu apapun pengakuan dari penerima.
· FTP:
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol yang digunakan oleh TCP dalam klien / server arsitektur. Dua koneksi TCP yang dibuat oleh protokol ini, satu akan untuk koneksi yang akan dibentuk dan yang lain untuk mentransfer file. Upload dan download file di web adalah contoh terbaik dari FTP.
· UDP:
User Datagram Protocol (UDP) adalah protokol yang digunakan untuk node ke node dan transmisi tidak dapat diandalkan dan koneksi-kurang. Meledak bit adalah metode transmisi yang digunakan dalam protokol ini. Video streaming adalah contoh terbaik dari lalu lintas UDP. Dalam lalu lintas video setiap klip yang mendapat terjawab tidak dapat pulih dan dalam suatu paket UDP yang hilang tidak dapat dipulihkan. Tidak ada pengakuan dari paket yang diterima oleh penerima dalam koneksi UDP.
· CBR:
Bit Rate konstan (CBR) menggunakan protokol UDP untuk transmisi dan transmisi berlangsung terus menerus dalam bentuk bit. Konstan bandwidth yang digunakan selama transmisi keseluruhan. ATM sirkuit biasanya menggunakan lalu lintas CBR.
4. Representasi grafis Dukungan:
Dua teknik representasi grafis yang digunakan oleh NS2 untuk menunjukkan hasil simulasi. Mereka Nam dan Xgraph. Hasil simulasi real time ditampilkan Nam tool grafis. Nam visual menunjukkan desain topologi jaringan simulasi sebagai output dan juga menampilkan komunikasi antara node sebagai mewakili pertukaran paket antara node. Lalu lintas dapat dipantau dan perilaku juga dengan perancang dengan menggunakan alat analisis yang menunjukkan posisi jaringan pada waktu yang berbeda sesuai dengan simulasi real time.
Xgraph adalah teknik lain yang digunakan untuk menampilkan hasil simulasi dalam bentuk grafik. Sebelum simulasi jejak file dibuat dan hasil simulasi disimpan dalam jejak file dengan memanfaatkan berkas simulasi. Set data yang digunakan untuk generasi Xgraph disimpan dalam jejak file, maka trace file menjadi input dari program untuk menghasilkan Xgraph tersebut.
5. Biaya faktor Simulator:
Biaya NS2 simulator apa-apa karena bebas untuk men-download untuk pendidikan dan tujuan penelitian. Hal ini digunakan untuk mensimulasikan jaringan besar dan simulasi ini akan dikenakan biaya apa-apa bila dibandingkan dengan implementasi jaringan yang nyata. Sisi hardware dari simulator adalah biaya efektif karena kebutuhan mesin, OS dan C + + compiler yang harus dibeli. OS seperti jendela harus dibeli tetapi Linux tersedia gratis biaya di pasar. Ketika skenario sederhana untuk dikompilasi mereka akan berjalan di mesin normal, tapi ketika jaringan besar di mana skenario akan juga besar ada kita perlu sebuah mesin dengan memori besar yang akan biaya efektif.
Biaya simulasi adalah sangat kurang bila dibandingkan dengan implementasi nyata dari jaringan. Sesuai dengan kebutuhan, perancang jaringan desain jaringan menggunakan simulator berdasarkan topologi dan lalu lintas jaringan. Hasil dari simulator ini digunakan oleh desainer untuk menganalisis desain. Jika perancang ingin membuat perubahan dalam desain maka menjadi mudah dengan memeriksa hasilnya. Jika sama dipertimbangkan dalam implementasi nyata dari jaringan maka akan biaya yang efektif dan juga tidak akan sesederhana mengubah struktur jaringan dan memeriksa hasil setiap saat dan jika melakukannya maka itu akan berarti investasi besar dalam menerapkan perubahan dan memakan waktu.
Jika seorang desainer membayar untuk perangkat lunak simulator dan mesin dan perangkat lunak lain atau alat yang diperlukan untuk simulasi maka akan jauh lebih sedikit daripada biaya pengujian jaringan nyata, sebagai pelaksanaan real time termasuk biaya kabel, perangkat keras, instalasi, jaringan manajemen dan pemulihan kegagalan. Simulasi jaringan pada mesin akan menelan biaya sekitar beberapa ratus tetapi biaya implementasi nyata akan lari ke tagihan beberapa ratus ribu. Ketika simulasi dilakukan pada mesin pada jaringan dan jika ada perubahan harus dibuat mereka akan tercakup dalam biaya yang sama, namun dalam implementasinya real time perubahan struktur jaringan akan membutuhkan sejumlah tambahan. Jadi hasilnya pada simulator jauh lebih murah dan dapat diandalkan bila dibandingkan dengan implementasi real time dari jaringan.
6. NS2 Keterbatasan:
NS2 secara luas digunakan untuk penelitian tetapi memiliki beberapa keterbatasan. Menggunakan jejak dan monitor untuk pengumpulan data (Stea G, Mingozzi E dan Cicconetti C, 2006). Memantau hanya memberikan tampilan informasi perilaku antrian di jaringan sedangkan Trace memberikan informasi log dari antrian paket, menjatuhkan, forwarding, dll CIDR (tanpa kelas antar-domain routing) dan subnetting yang tidak disediakan oleh emulasi NS2. Dukungan untuk kecepatan bit variabel (VBR) tidak ada di NS2 seperti seperti yang dari CBR mendukungnya menyediakan. Saat ini VBR ini digunakan untuk audio / video streaming di jaringan nyata. NS2 tidak mendukung keterlambatan pemrosesan namun dukungan yang berbeda seperti penundaan propagasi, antrian dan transmisi. Ini memiliki fungsi terbatas bila skenario adalah jaringan besar yang besar. Dalam sebuah jaringan besar ada ratusan node untuk mensimulasikan dan NS2 tidak dapat memberikan hasil bahwa simulasi besar banyak. Hal ini seperti lebih node simulasi memperlambat menjadi.
Lebih banyak perangkat tambahan yang harus dilakukan pada NS2 dan masih dalam tahap pembangunan terutama di daerah di mana kelas mobile node dan penanganan posisi yang diperlukan untuk peningkatan lebih lanjut.
7. Dukungan Bahan:
Penelitian jaringan dilakukan menggunakan simulator NS2 simulator yang merupakan acara yang terpisah. Ada banyak versi yang tersedia dari Network Simulator 2 di pasar dan mereka telah berkembang sejak tahun 1989. Coding dilakukan di C + + dan OTcl. Simulator ini banyak digunakan untuk proyek-proyek universitas riset karena merupakan simulator open source. Kontrol algoritma, perilaku TCP dan paradigma antrian adalah sebagian besar topik penelitian pada. Tidak ada badan standar yang memegang atau mengelola simulator tetapi ada banyak data tersedia di internet tentang NS2. Salah satu website standar yang menyediakan bahan untuk NS2 adalah http://www.isi.edu / ns / nsnam. Website ini memberikan contoh dan tutorial NS2 detail dan memberikan solusi untuk masalah secara langsung. Semua fitur yang dijelaskan dalam tutorial ini sangat dengan contoh-contoh. NS2 dikembangkan untuk varian UNIX OS seperti FreeBSD, Linux dan Sun Solaris, namun karena pilihan user friendly dari Windows, itu diinstal pada OS Win32 kompatibel dengan menggunakan beberapa alat seperti cygwin.
8. Fitur:

Ø NS inti dan paket Opsional.
Inti NS2 menggunakan banyak paket dan perangkat lunak opsional. Alat seperti Xgraph yang digunakan untuk merencanakan grafis; yang lain adalah jaringan animator (NAM). Kedua adalah bagian opsional NS2. Sebagai sekarang sehari desainer memberikan grafis visual untuk menyajikan hasil simulasi, maka GNB tidak hanya menyediakan memvisualisasikan animasi paket tetapi juga membantu desainer untuk menciptakan skenario grafis dari pekerjaan mereka. Bagian inti dari simulator adalah kernel dan perpustakaan. Model yang berbeda seperti perpustakaan MPLS disediakan oleh NS2 untuk lalu lintas protokol. Jumlah node dan tingkat hirarki didefinisikan menggunakan set yang berbeda dari parameter dengan perpustakaan ini.
Ø NS2 tingkat split Model
Split level pemrograman adalah dasar dari NS2 model. Bahasa C + + memberikan perilaku simulasi sedangkan skenario simulasi ini didasarkan pada bahasa alat perintah (TCL).
Pemrograman Tingkat split model (Henderson TR dan Lacage M, 2006)
C + + yang menyediakan simulasi lebih cepat digunakan untuk mengkompilasi elemen tetap. OTcl mendefinisikan protokol dan topologi objek untuk kemudahan pengguna.

sumber : http://www.4shared.com/folder/bDQ6g0J_/_online.html

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s