STRATEGI MEMBACA BUKU TEKS

STRATEGI MEMBACA BUKU TEKS

SQRW adalah suatu strategi 4 langkah untuk membaca dan mengambil catatan dari bab dalam suatu buku teks. Penggunaan SQRW akan membantu kamu untuk memahami apa yang kamu baca dan untuk menyiapkan suatu catatan tertulis dari apa yang kamu pelajari. Catatan tertulis akan sangat berharga ketika kamu berada dalam suatu diskusi dan saat kamu belajar untuk menghadapi suatu ujian. SQRW meliputi:

1. Survei (Survey)
Dengan survey akan membawa pikiran kamu untuk mengingat kembali apa yang telah kamu pahami tentang topik suatu bab dan mempersiapkan diri untuk lebih mempelajarinya. Mensurvei suatu bab, yaitu dengan: membaca judulnya, Pendahuluan, dan ringkasan atau kesimpulan. Juga membaca semua petunjuk visual seperti gambar, tabel, peta, dan/atau grafik dan membaca penjelsannya masing-masing. Dengan mensurvei suatu bab, kamu akan dengan cepat belajar apa yang dibahas dalam bab tersebut.

2. Pertanyaan (Question).
Mempersiapkan pertanyaan yang muncul dari pikiranmu atas apa yang anda baca. Pertanyaan akan memberimu suatu tujuan untuk membaca dan membantumu memusatkan konsentrasi atas sesuatu yang anda baca. Format Pertanyaan dapat dilakukan dengan mengubah judul bab masing-masing ke dalam suatu pertanyaan. Gunakan kata-kata Apa?, kapan?, dimana?, mengapa?, atau bagaimana?. Jika suatu judul dinyatakan sebagai pertanyaan, gunakan pertanyaan itu. Ketika suatu judul berisi gagasan lebih dari satu, format suatu pertanyaan untuk masing-masing gagasan. Catatan: Jangan membentuk pertanyaan untuk Pengenalan, Ringkasan, atau Kesimpulan.

3. Baca (Read).
Bacalah setiap Informasi dalam setiap judul untuk masing-masing pertanyaan yang kamu bentuk. Kamu boleh memutuskan untuk merubah suatu pertanyaan yang akan dijawab. Tetaplah fokus dan fleksibel, maka kamu dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari setiap pertanyaan yang telah kamu bentuk sebelumnya..

4. Tulis.
Tulis pertanyaan beserta jawabannya didalam buku catatan mu. Kemudian dibaca kembali Pastikan semua jawaban pertanyaan dapat dibaca dan berisi semua informasi yang penting.

Selamat mencoba, dan mudah-mudahan berguna agar waktu yang kamu gunakan dalam membaca sesuatu lebih efisien dan efektif.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s